Lumajang – SMK Negeri 1 Tekung baru saja melaksanakan Koordinasi Eksternal dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas sekolah yang baik dan unggul di kancah Nasional dan Internasional. Panitia  memaparkan stabilnya Program Keahlian Agribisnis Tanaman dan Program Keahlian Agribisnis Ternak yang ada di SMKN 1 Tekung dari tahun ke tahun, bahkan pada tahun ini tercatat ada 9 rombel Agribisnis Tanaman dan 9 rombel Agribisnis Ternak, dengan rincian sebagai berikut :

  1. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura   5 Rombel
  2. Agribisnis Perbenihan dan Kultur Jaringan Tanaman  2 Rombel
  3. Pemuliaan dan Perbenihan Tanaman  2 Rombel
  4. Agribisnis Ternak Unggas  5 Rombel


Kemudian Bu Ida selaku narasumber dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur menjelaskan bahwa sekolah yang memiliki Program Keahlian Agribisnis Tanaman harus sering berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, dari koordinasi tersebut diharapkan mampu untuk mewujudkan kemandirian ekonomi, menggerakkan sektor ekonomi, peningkatan ketahanan pangan dalam rangka mendukung nawa cita Provinsi Jawa Timur.

Visi dari Program Tanaman Pangan dan Hortikultura tahun 2015-2019 adalah Mewujudkan Provinsi Jawa Timur Menjadi Pusat Tanaman Pangan dan Hortikultura  yang Berdaya Saing.

“Jika anak-anak SMK diperkenalkan dengan alat mesin pertanian yang modern, maka anak-anak akan semakin banyak yang termotivasi untuk belajar dalam bidang pertanian” kata beliau.

Sumber :  Panitia Program Bantuan Ketahanan Pangan